ngawi kotaku


Nama     :
Nur  Wahyudi
Nim       :
15220057
Prody     :
Bimbingan konseling islam
Fakultas :
Dakwah dan komunikasi

 

 

Ada Apa Di Ngawi

Ngawi adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi jawa timur, ngawi termasuk kabupaten yang belom begitu tenar sepeerti madiun, malang, lamongan, Surabaya dan lainnya. Bahkan jika kita bertanya tentang ngawi kepada orang lain, kenal ngawi? Jawaban mereka adalah “Ngawi ?? masih Indonesia tow itu”. Ini hanyalah satu pernyataan dari sekian pernyataan.

            Tapi ngawi mempunyai potensi yang tidak  dimiliki oleh daerah lain, tidak hanya sebuah wisata, makanan atau sejenisnya tapi adalah kekayaan alam yang masih terjaga yaitu hutan. Jika anda melewati ngawi maka anda akan di suguhkan dengan pepohonan yang rindang di sepanjang jalan dari ngawi bagian barat sampai ngawi kota,  hutan adalah sebuah kekayaan yang sangat berperan penting bagi kehidupan ini, selain itu hutan itu sendiri berperan sebagai penyeimbang lingkungan. Karena hutan yang masih di jaga, salah satu jurusan kehutanan UGM memilih ngawi menjadi tempat praktek lapangan.

    

            hampir 70% daerah ngawi adalah pedesaan jadi kita masih bisa merasakan segarnya udara dipagi hari. Mungkin itu adalah hikmah yang sangat positif di era sekarang ini, kenapa tidak coba kita amati bahwa daerah daerah lain berdiri pabrik, bangunan perkantoran dll. Bangunan perkantoran hanya bias kita jumpai di  daerah kota ngawi.

Jika bicara tentang seni kabupaten ngawi juga tidak kalah dengan daerah daerah lainnya, kita akan mudah menemukan kerajinan-kerajinan dari kayu di sepanjang jalan menuju ke ngawi kota, kerajinan yang terbuat dari kayu ini meliputi patung kuda, jerapah pernak pernik dan kerajinan untuk hiasan ruang tamu. Selain itu  ngawi juga mempunyai bathik khas yang berada di tretes banyu biru tepatnya di sekitar jalan walikukun-ngrambe.

Selain ada hutan dan kesenian ngawi juga terkenal dengan daerah penghasil  jagung, terutama ngawi bagian utara. Tiap panennya pasokan jagung dari ngawi bisa mencapai ratusan ton bahkan bisa mencapai ribuan ton yang semua itu  di kirim ke daerah Kediri, malang, lamongan, sragen dan sekitar daerah Surakarta. Ini adalah efek dari masyarakat ngawi yang sebagian besar adalah petani.

Di bagian ngawi selatan terkenal dengan wisata alamnya, karena di wilayah ini adalah wilayah pegunungan tepatnya lereng gunung lawu bagian utara. Meliputi wilayah ngrambe, jogorogo, sine. Ada banyak tempat untuk berlibur, jika kita ingin mengunjungi air terjun kita bias mengunjungi air terjun srambang, sendang pengantin, taman wisata watu jonggol. Wisata lainnya adalah taman the kebun jamus, paparan teh yang sangat luas yang berbentuk jadi Borobudur. Terus ada apa lagi di wilayah selatan ngawi..? perkebunan buah seperti rambutan, salak, cengkeh, kopi, coklat dan durian.

        

Jika kita berbicara tentang wisata sejarah ngawi juga tidak ketinggalan, dalam perjalanan menuju ke kota ngawi nanti akan menemui patung Bp. Soeryo bersama dua pengawalnya. Patung ini menggambarkan  ganasnya partai komunis Indonesia pada beberapa puluh tahun yang lalu, Bp. Soeryo di hadang beberapa orang yang tidak di kenal yang itu merupakan kelompok komunis yang kemudian di bunuh bersama dua orang pengawalnya, di sekitar patung juga di berikan gambaran tentang proses pembunuhan Bp. Soeryo. Patung Bp. Soeryo menghadap ke utara dengan tangan menunjuk ke utara, yang di analogikan bahwa Bp. Soeryo di bunuh di tempat tersebut.

Selain itu di ngawi juga terdapat wisata sejarah antara lainnya adalah benteng pendem atau benteng vanden bosh, wisata museum trinil ngawi yang berisi tentang situs manusia purba. Dan akhir-akhir ini di temukan sebuah jadi peninggalan kerajaan hindu.

Ngawi juga mempunyai makanan khas yaitu tempe krimpik, makan yang terbuat dari kedelai ini menjadi makanan yang menjadi khas di daerah ngawi, makanan ini juga tidak begitu mahal hanya Rp. 40.000,-  per kilonya, makanan ini di jadikan oleh-oleh khas jika berlibur di ngawi, ada desa khusus yang di situ masyarakatnya dalam mecari nafkah bergantung pada tempe kripik ini, bahkan tempe kripik akan dijadikan salah satu makanan yang akan di kembang dalam menghadapi ekonomi masyarakat asean.
 
               

Potensi yang lain dari ngawi adalah mulai munculnya bibit bibit pemain sepak bola yang tergabung pada persinga ( persatuan sepakbola ngawi ) kini persingan mulai mempersiapkan dalam menghadapi divisi utama pssi, terakhir prestasi  persinga juara 2 piala keerdekaan, dan juara divisi satu.

         

 

Ini adalah sebuah cerita dari saya, potensi itu ada dalam diri seseorang, daerah dan Negara tergantung bagaimana kita mengembangkan dan menggalinya.

Sejelek apapun karya dari anak bangsa lebih berarti dari pada bangga dengan karya bangsa lain.

 

 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »